Home » , , , » MACAM-MACAM PANTUN BARIS BETAWI JAKARTA

MACAM-MACAM PANTUN BARIS BETAWI JAKARTA

Indoborneonatural---kelanjutan artikel terdahulu tentang mengenal patun Betawi Jakarta, maka berikut ini akan kita lihat tentang macam-macam pantun baris dari Betawi. Pantun ini antara lain, pantun tiga baris, pantun empat baris, pantun banyak baris, dan nanti akan sedikit kita ulas tentang pantun yang baku menurut ketentuan yang ada di masyarakat Betawi.

Pantun Tiga Baris 

Pantun tiga baris biasanya merupakan teks nyanyian anak-anak tempo. Anak-anak doeloe disamping bernyanyi mereka juga membuat mainan sendiri yang bahannya  diambil dari lingkungan alam sekitar, misalnya anak-anakan rumput.

Pong-pong balong
Biji merak biji sampi
Pece telor sebiji

Ci-ci puteri
Tembako lime kati
Mak none, mak none kepengen ape

Deng 'ndengan
Siri tampi berduri-duri  
Pok bereok

Utak utik utak uger
Ayam rinting menclok dipager
Ade tikus kucing uber

Pantun anak-anak juga ada yang strukturnya empat baris.
Misalnya:

Ujan gerimis aje
Ikan bawal diasinin
Si Hindun nangis aje
Bulan sawal dikawinin

Dut dang 
Kecapi pentil
Si Gendut pulang 
Bawa tai upil


Pantun banyak baris

Pantun banyak baris adalah pantun yang strukturnya lebih dari empat baris. Dalam jenis pantun ini agak sulit dibedakan mana sampiran dan mana isi, mirip mantera. Dan cuku banyak kata yang digunakan tanpa makna, melainkan suatu unsur bunyi-bunyian saja. 

Wak-wak gung

Wak-wak gung 
Nasinye nasi jagung
Lalapnya lalap utan
Sarang gaok pu'un jagung 
gang-ging-gung
Pit ala ipit
Kude lari kejepit
Sipit


Tam-tambuku

Tam-tambuku
Seleret daon delime
Pate lembing
Pate paku
Tarik belimbing
Tangkep satu


Kelima-lima kasim

Sim-sim keliam-lima kasim-sim
Simpak bakul rombeng-beng
Bengkel kelapa-lapa ijo-jo
Jotan daon rambutan-tan
Tanduk pale si Mukcing-cing
Cingcang daging babi-bi
Biuk rodanya empat-pat
Pacul ujungnya tajem-tajem
Jempol siap punye


Sang bango

Ang bango eh sang bango
Kenapa ente delak-delok aje
Mengkenye ane delak-delok aje
eh sang ikan enggak mau timbul
Sang ikan eh sang ikan
Kenapa ente enggak mau timbul
Mengkenye ane nggak mau timbul
eh sang rumput keliwat tebel
Sang rumput eh sang rumput
Kenapa ente keliwat tebel
Mengkenye ane keliwat tebel
eh kang rumput enggak potong ane
Kang rumput eh kang rumput
Kenape ente kagak potong sang rumput
Mengkenye ane nggak potong sang rumput
eh sang perut sakti aje
Sang perut eh sang perut
Kenape ente sakti aje
Mengkenye ane sakit aje
makan nasi mente mateng
Sang nasi eh sang nasi
Kenape ente mente mateng
Mengkenye ane mente mateng
eh sang api kelak kelik
Sang api eh sang api
Kenape ente kelak kelik
Mengkenye ane kelak kelik
eh sang kayu basah aje
Sang kayu eh sang kayu
Kenape ente basah aje
Mengkenye ane basah aje
eh sang ujan turun aje
Sang ujan eh sang ujan
Kenape ente turun aje
Mengkenye ane turun aje
eh sang kodok manggil ane
Sang kodok eh sang kodok
Kenape ente pang sang ujan
Mengkenye ane panggil sang ujan
eh sang ular mau makan ane
Sang ular eh sang ular
kenape ente mau makan sang kodok
Mengkenye ane mau makan sang kodok
eh sang kodok emang makanan ane!.


Pantun yang baku

Pantun menurut ketentuan baku cukup banyak beredar di kalangan masyarakat Betawi. Baik kalimat sampiran maupun isi disusun dengan tertib. Pantun jenis ini pun mempunyai pesan yang jelas. Ada pantun yang yang membanggakan kehidupan birokrat, yang dlam istilah Betawi disebut prang pangkat-pangkat, atau orang kantoran kalau jabatannya rendah. Orang yang berilmu pengetahuan dalam bahasa Betawi disebut sebagai orang patut-patut, atau orang ngarti. Orang yang mempunyai ilmu hitam, atau ahli main pukulan biasa disebut orang nyang ade isinye. Orang yang ilmu agamanya tinggi, seperti dijelaskan di muka disebut mu'alim, atau biasa juga disebut orang alim.

Di bawah ini adalah contoh pantun yang mengapresiasikan profesi dalam jajaran birokrasi.

Iris iris ketimun
Ketimunnye di kolong meje
Iring-iring Bang Sa'miun
Bang Sa'miun pulang kerje 

Profesi wiraswastawan pun mendapat tempat yang patut dalam sistem nilai Betawi. Entepreneur dalam bahasa Betawi di sebut sudager. Berikut ini pantun tentang sudager.

Haji Mu'min Sudager delime
Orang nyang murni bertuker name
Jangan herau kesane kemari
Asal idup kite di jalan agame

Pantun kanak-kanak tidak semua "radikal". ada juga yang berisi pencerdasan akal, semacam permainan tebak-tebakan. Contohnya ini.

Pak-pung pak Mustape
Pak Dule di rumanye
Ade tepung ada kelape
Ade gule di tengenye

Jalanan besar pager miana
Burung puter di rumah cina
Jangan gusar saya bertanya
Di bawah puser apa namanya.

Demikian itulah beberapa macam contoh pantun Betawi yang disusun dengan bahasa yang jenaka, tetapi di antaranya banyak mengandung pesan yang sungguh-sungguh, dan ada juga yang mengandung jeritan hati dan batin. Banyak juga mengingatkan kita untuk hidup dijalan yang benar yaitu dijalan agama. Terimakasih sudah berkunjung ke blog Indoboreneonatural ini, semoga artikel ini bermanfaat. Wassalam..

0 komentar:

Cari Artikel